MAKALAH : PENGERTIAN STRATEGI BELAJAR MENGAJAR ( SBM )


BAB I
PENDAHULUAN
 
Dalam era globalisasi, bangsa Indonesia membulatkan tekadaya untuk mengembangkan budaya belajar yang menjadi persyaratan berkembangnya budaya ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Namun dalam mengembagkan budaya belajar tersebut perlu belajar yang mana dan bagaimana itu diupayakan untuk diwujudkan. Dengan demikian strategi belajar yang baik pun harus diupayakan dalam pembentukan belajar yang dapat mencapai tujuan pendidikan sebenarnya. Mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan salah satu tujuan pendidikan Nasional yang perlu dikembangkan. Dengan tujuan pendidikan Nasional tersebut tentu saja harus melalui proses belajar yang sesuai dengan pencapaian tujuan tersebut.
Masalah belajar adalah masalah yang selalu aktual dan dihadapi oleh setiap orang. Dalam keseluruhan proses mengajar terjadilah interaksi antara berbagai komponen alam proses pembelajaran. Komponen belajar tersebut saling mempengaruhi sedemikian hingga dapat tercapai tujuan pendidikan dan pengajaran. Salah satu komponen yang utama adalah siswa yang menjadi objek dan subjek dalam penidikan. Selain siswa yang sangat berpengaruh dalam proses pendidikan pendidik, kurikulum, fasilitas sekolah dan semua pendukung dalam pendidikan juga sangat berpengaruh dalam pencapaian tujuan pendidikan. Dengan adanya komponen tersebut tentu saja tidak lepas dari peranan penting dari strategi belajar mengajar yang diterapkan oleh pendidik dan peserta didik agar tujuan pendidikan dapat tercapai secara maksimal. Strategi belajar mengajar yang diterapkan oleh pendidik harus dapat memahami siswa untuk memciptakan situasi yang tepat serta memberi pengaruh yang optimal bagi siswa untuk dapat belajar yang berhasil.
         Strategi belajar mengajar sangat penting untuk mencapai tujuan belajar mengajar yang sesuai dengan einginan pendidik dan peserta didik. Strategi belajar mengajar merupakan pola-pola umum kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah digariskan. Tidak hanya tujuan dari guru, tetapi juga tujuan dari peserta didik yang menjadi subjek dan objek dalam pendidkan. Strateg beajar yang  meliputi metode dan teknik dalam pembelajaran harus dilakukan secaa optimal. Jangan hanya mengira bahwa strategi belajar mengajar terpusat pada metode pembelajaran saja, teknik belajar pun juga sangat menentukan dalam pencapaian tujuan pendididkan. Komponen startegi belajar tersebut pun harus didukung oleh komponen pembelajaran lainnya. Semuanya harus saling mempengaruhi. Jadi strategi belajar yang tidak hanya dikembangkan oleh pendidik tetapi peserta didikpun juga harus mengembangkan strategi belajar mengajar mereka.    



BAB II
PEMBAHASAN
 
PENGERTIAN STRATEGI BELAJAR MENGAJAR
Di dalam lingkungan belajar mengajar, seorang guru harus memiliki cara untuk menyampaikan materi kepada siswa. Untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan kualitas manusia seutuhnya, adalah misi pendidikan yang menjadi tanggung jawab professional setiap guru. Guru tidak cukup hanya menyampaikan materi pengetahuan kepada siswa di kelas tetapi dituntut untuk meningkatkan kemampuan guna mendapatkan dan mengelola informasi yang sesuai dengan kebutuhan profesinya. Mengajar bukan lagi usaha untuk menyampaikan ilmu pengetahuan, melainkan juga usaha menciptakan sistem lingkungan yang membelajarkan subjek didik agar tujuan pengajaran dapat tercapai secara optimal.
 Mengajar dalam pemahaman ini memerlukan suatu strategi belajar mengajar yang sesuai. Mutu pengajaran tergantung pada pemilihan strategi yang tepat dalam upaya mengembangkan kreativitas dan sikap inovatif subjek didik. Untuk itu perlu dibina dan dikembangkan kemampuan professional guru untuk mengelola program pengajaran dengan strategi belajar yang kaya dengan variasi. Berikut pengertian strategi belajar mengajar menurut para ahli:
1. Diambil dari  www.duniaedukasi.net/2010/04, menurut              Gerlach dan Ely :
Strategi belajar-mengajar adalah cara-cara yang dipilih untuk menyampaikan materi pelajaran dalam lingkungan pengajaran tertentu, yang meliputi sifat, lingkup dan urutan kegiatan yang dapat memberikan pengalaman belajar kepada siswa.
Menurut (Gerlach dan Ely) yang diambil dari www.duniaedukasi.net/2010/04
Strategi belajar mengajar adalah suatu cara seorang guru untuk menyampaikan materi pelajaran dengan kegiatan yang memberikan pengalaman kepada siswa supaya lebih mudah untuk menerima pelajaran.
2. Strategi belajar-mengajar, menurut J.R. D avid dalam Teaching Strategies for College Class Room (1976) ialah aplan, method, or series of activities designe to achicves a particular educational goal (P3G, 1980).
 
 Menurut pengertian ini strategi belajar-mengajar meliputi rencana, metode dan teknik pembelajaranserata perangkat kegiatan yang direncanakan untuk mencapai tujuan pengajaran  tertentu. Untuk melaksanakan strategi tertentu diperlukan seperangkat metode pengajaran. Strategi dap`at diartikansebagai aplan of operation achieving something “ rencana kegiatan untuk mencapai sesuatu” .
Strategi Belajar Mengajar adalah pola-pola umum kegiatan guru – anak didik dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Menurut pengertian diatas strategi belajar mengajar adalah suatu kegiatan edukatif antara  guru dan anak didik, interaksi yg bernilai edukatif dikarenakan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan, diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu yang telah dirumuskan sebelum pengajaran dilakukan. Guru dengan sadar merencanakan kegiatan pengajaran secara sistematis dengan memanfaatkan segala sesuatu guna kepentingan pembelajaran.Sehingga bahan pelajaran yg disampaikan guru dpt difahami dan diaplikasikan siswa dengan tuntas.
4. Menurut hujodo (1988.3)
Mengajaran matematika adalah suatu kegiatan dimana pengajar menyampaikan pengetahuan atau pengalaman kepada peserta didik.

Dimana pendidik/ guru menyampaikan pembelajaran yang bersangkutan dengan pembelajaran matematika dengan konsep/ metode dan strategi yang digunakan dalam pembelajaran. Misalnya dalam pengajaran siswa SMP, saat pengajaran materi himpunan, dimana saat itu sisa belum mengetahui tentang apa yang dimaksud dngan himpunan itu sendiri. Kemudian guru menjelaskan tentang materi himpunan tersebut. Tentunya dengan strategi belajar mengajar yang meliputi metode dan teknik dalam pembelajaran yang telah disiapkan oleh guru. Dengan penyampaian materi tersebut materi dapat tersampaikan kepada siswa secara optimal.
5. Menurut Fadillah
Strategi belajr mengajar adalah kegiatan guru dalam proses belajar mengajar yang dapat memberikan kemudahan kepada siswa agar dapat mencapai tujuan pengajaran yang ditetapkan.

Strategi belajar mengajar yang diharapkan dapat berfungsi dengan baik dalam proses pembelajaran adalah strategi belajar mengajar yang efektif, efisien dan ekonomis serta dapat meningkatkan keterlibatan siswa baik secara intelektual maupun fisik. Dari segi intelektual siswa dapat dilihat dari soal-soal evaluasi yang diberikan oleh guru dalam ulangan harian atau dalam ujian semester. Garis besarnya, jika nilai evaluasi sebagian besar siswa tersebut baik maka strategi belajar mengajar yang digunakan tersebut dapat dikatakan baik juga. Dari segi fisik, jika strategi belajar mengajar itu baik atau optimal dapat dilihat dari perilaku fisik yang dilakukan oleh siswa tersebut. Kemudahan dalam penyampaian materi tentu saja guru berperan dalam posisi teratas. Walaupun siswa juga harus dapat menyeimbangkan antara penjelasan guru dengan usaha yang harus dilakukannya. Misalnya, penjelasan materi dengan alat peraga tentu saja lebih memudahkan siswa dalam menerima materi yang disampaikan oleh guru. Dengan alat peraga siswa juga akan lebih bersemangat dalam mendengarkan penjelasan guru. Kemudahan siswa dalam penyampaian materi dapat membuat pembelajaran sesuai dg tujuan yang akan dicapai.
6. Drs. Syaiful Bahri D dan Drs. Aswan Zain dalam buku       Strategi Belajar Mengajar (2002)
Strategi belajar mengajar dapat diartikan sebagai pola-pola umum kegiatan guru dan anak didik dalam kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah digariskan.

Pola-pola kegiatan guru dan anak didik ini dilakukan dalam proses pembelajaran agar dapat berjalan secara optimal. Dimana tujuan yang telah digariskan daat terealisasi dengan baik. Anak didik tentu saja mempunyai tujuan yang digariskan oleh mereka, salah satunya adalah lulus ujian nasional. Untuk  mencapai tujuan pendidikan tersebut tentu saja strategi belajar mengajar yang digunakan dapat diterapkan secara optimal. Dalam mencapai lulus ujian nasional 100% salah satu strategi belajar mengajar yang di terapkan adalah dengan metode pembelajaran mengerjakan soal-soal latihan. Dengan teknik pembelajaran dengan cara siswa mengerjakan soal tersebut dulu kemudian dikoreksi atau di bahas bersama guru.

Strategi belajar mengajar yang diterampak dalam pembelajaran harus seimbang antara metode dan teknik pembelajaran.Kadang-kadang metode juga dibedakan dengan teknik. Metode bersifat prosedural, sedangkan teknik lebih bersifat implementatif. Maksudnya merupakan pelaksanaan apa yang sesungguhnya terjadi (dilakukan guru) untuk mencapai tujuan. Contoh: Guru A dengan guru B sama-sama menggunakan metode ceramah. Keduanya telah mengetahui bagaimana prosedur pelaksanaan metode ceramah yang efektif, tetapi hasilnya guru A berbeda dengan guru B karena teknik pelaksanaannya yang berbeda. Jadi tiap guru mungakui mempunyai teknik yang berbeda dalam melaksanakan metode yang sama. Dapat disimpulkan bahwa strategi terdiri dan metode dan teknik atau prosedur yang menjamin siswa mencapai tujuan. Strategi lebih luas dari metode atau teknik pengajaran. Metode atau teknik pengajaran merupakan bagian dari strategi pengajaran.
BAB III
KESIMPULAN
 
Belajar mengajar adalah suatu kegiatan yang bernilai edukatif. Nilai edukatif mwarnai yang terjadi antara guru dan anak didik atau peserta didik. Guru dengan sadar merencanakan kegitanan pembelajarannya secara sistematis dengan memanfaatkan segala sesuatunya guna kepentingan pengajaran. Banyak ahli-ahli yang membahas dan banyak menghasilkan berbagai teori tentang strategi belajar mengajar. Strategi belajar mengajar secara garis besar yang mempunyai pengertian dalam proses pembelajaran adalah suatu garis-garis besar haluan untuk bertindak dalam mencapai sasaran yang telah ditentukan.
Strategi belajar mengajar yang meliputi metode dan teknik dalam pembelajaran ini perlu saling melengkapi. Strategi belajar mengajar yang menggunakan metode yang baik akan berhasil atau berjalan secra optimal jika teknik pembelajarannya pun dilakukan dengan baik pula. Hal ini dilakukan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal. Sebaliknya jika teknik pembelajarannya baik, metode pembelajarnnya pun juga harus baik agar tujuan pendidikan dapat tercapai secara maksimal. Jadi, dalam proses pembelajaran strategi belajar mengajar yang baik harus menyeimbangkan antara metode dan teknik yang dilakukan secara optimal agar tujuannya pun dapat tercapa secara optimal pula. Dalam hal ini pendidik/ guru harus bejuang maksimal untuk dapat menciptakan proses pembelajaran yang menciptakan tujuan yang optimal.
About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s